English Indonesia
Search
Member Facility
Username
Password
 Forget Password?
 Register Membership Web
 Register Membership AKI
 Login Membership AKI
 Membership Requisite
Membership Form
 CSDB
 NCAIP
 Construction Prospect
 Sertification
Information
2008-01-21
PEMERINTAH SELESAIKAN PEMBEBASAN LAHAN TOL TRANS JAWA TAHUN 2008
Posted By: Administrator

PEMERINTAH SELESAIKAN PEMBEBASAN LAHAN TOL TRANS JAWA TAHUN 2008

 
Pemerintah berkomitmen untuk menyelesaikan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol trans jawa sepanjang 645 Km mulai dari Cikampek hingga Surabaya pada tahun 2008. \Kedatangan kami bertiga merupakan komitmen kami mendorong tol dapat terlaksana. Diharapkan 2008 pembebasan lahan dapat selesai sehingga pada tahun 2009 sudah dimulai pekerjaan fisiknya jelas Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam jumpa pers usai mengikuti rapat membahas evaluasi pengadaan tanah jalan tol trans jawa bersama Menteri Dalam Negeri Mardiyanto. Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joyo Winoto, Gubernur Jawa Tengah Ali Mufidz serta para bupati/walikota provinsi jawa tengah, di Semarang, Minggu (20/1).

Menteri PU mengungkapkan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah sepakat pembangunan tol Trans Jawa dipercepat pelaksanaannya, terutama masalah pembebasan tanah yang sampai saat ini masih menjadi kendala utama. "Mudah mudahan dilapangan bisa berjalan dengan baik, apalagi sudah ada tim penilai harga (appraisal) yang telah memiliki sertifikasi dari BPN," kata Djoko.

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto mengatakan, pihaknya juga akan mendukung program percepatan pembangunan tol trans Jawa ini. "Kami akan melakukan pendampingan dan supervisi sampai ke tingkat camat dalam menyelesaikan tanah ini," kata Mardiyanto. Bahkan, kata dia, sudah melakukan sosialisasi kepada Bupati/Walikota yang daerahnya terkena pembebasan lahan untuk tol trans jawa.

 

Sementara itu Kepala BPN Joyo Winto menyatakan perangkat UU maupun aturan lainnya, pada dasarnya sudah lengkap, sehingga persoalan pembebasan lahan itu sudah tidak menjadi masalah lagi. "Kalau ini sukses tentu pembangunan jalan tol bisa dipercepat," kata Joyo. Dijelaskannya, dengan adanya tim appraisal ini diharapkan harga tanah yang wajar dapat diketahui sehingga pembebasan lahan buat kepentingan umum yang dilakukan oleh P2T tidak  merugikan masyarakat pemilik tanah dan bisa mengurangi adanya praktek dan permainan para spekulan tanah. "Hak hak warga masyarakat bisa terlindungi dan para spekulan bisa ditekan," kata Joyo.

 

BPN sendiri, tambah Joyo akan akan melakukan pemantauan terhadap harga tanah yang akan dibebaskan, sehingga semua bisa kontrol. Sehingga, kata Joyo, pihaknya sudah menyiapkan satgas  dalam penyelesaian konflik pertanahan yang masih menjadi sengketa. "Setelah ada P2T di daerah, BPN langsung membentuk satgas pembebasan lahan," ujarnya.

 

Sementara itu Dirjen Bina Marga Dept PU Hermanto Dardak mengungkapkan, jalan tol trans Jawa koridor Cikampek-Surabaya ini merupakan prioroitas utama untuk dapat diselesaikan. “tim penilai (apraisal) secara profesional memiliki kemampuan menilai harga tanah. Hasilnya dapat menjadi pegangan bagi P2T melakukan musyawarah harga dengan masyarakat. Namun apabila tetap tidak dicapai kesepakatan dapat dilakukan konsinyasi (penitipan ganti rugi di pengadilan)” jelas Hermanto Dardak. Negosiasi harga tanah di lapangan kerap menemui jalan buntu, karena P2T tidak bisa memenuhi permintaan harga tanah terlalu tinggi dari NJOP karena khawatir dianggap melakukan korupsi.

 

Progres pembebasan lahan untuk ruas tol yang melewati Provinsi Jawa Tengah sebagian besar masih dalam tahap masih dalam tahap sosialisasi, pematokan, inventarisasi, musyawarah dan menunggu pendanaan dari Investor. Pejagan-Pemalang (57,5km), Pemalang-Batang (39km), Batang-Semarang (75 Km), Semarang-Solo (75,6 km), Solo-Ngawi (40 km). Sementara untuk ruas tol Kanci-Pejagan (13,4 km) sudah 70 persen tanah yang telah dilakukan pembayaran. Pembebasan lahan di Jawa Tengah lebih lambat dibandingkan provinsi lainnya.
Sumber: pu.go.id

 
Copyright © 2007 Indonesia Contractors Association. All Rights Reserved. Powered By SLG   | Privacy Policy |