English Indonesia
Search
Member Facility
Username
Password
 Forget Password?
 Register Membership Web
 Register Membership AKI
 Login Membership AKI
 Membership Requisite
Membership Form
 CSDB
 NCAIP
 Construction Prospect
 Sertification
Information
2017-11-30
Pembangunan Infrastruktur Tidak Serta Merta Berdampak
Posted By: Administrator

Jakarta – Berbagai proyek infrastruktur pemerintahan Presiden Jokowi dinilai masih membebani keuangan negara lantaran bernilai ribuan triliun rupiah. Belum berdampak pada penerimaan negara untuk jangka pendek atau menengah.

“Bahkan dampak gencarya pembangunan belum dirasakan secara nyata oleh masyarakat,” kata Enny Sri Hartati, ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), pada ‘Diskusi Ngopi Bareng dari Sebrang Istana’, di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Menurut Enny, pembangunan infrastruktur memang punya timeline. Tapi tidak serta merta berdampak.

“Kalau kita lihat sampai triwulan tiga kemarin, memang ada perbaikan PNBP yang tumbuh 5 persen. Tapi ternyata setelah kita lihat, belanja modal yang tumbuh kemarin itu adalah penjualan alat-alat berat untuk membangun infrastruktur. Bukan belanja modal yang support di sektor rill kita. Artinya sektor produksi kita di triwulan empat akan tetap stagnan," ungkapnya.


Proyek-proyek infrastruktur pemerintah memang belum memberikan multiflier effect ke masyarakat karena sejumlah penugasan diberikan ke BUMN. Persoalannya, BUMN dinilai hanya berpikir bagaimana mengerjakan proyek dengan efisien dan tidak memikirkan efek jangka panjang.

"Artinya mereka nggak berpikir jangka menengah panjang, bagaimana proyek itu bisa berkesinambungan. Hanya Terkait business planning korporasi yang bersangkutan," ujar Enny.

Namun Enny mengakui bahwa pembangunan infrastruktur diperlukan karena posisi Indonesia tertinggal cukup jauh. Sementara di satu sisi, penerimaan pajak masih kurang untuk membiayai proyek-proyek tersebut. Maka jalan keluarnya adalah berutang. Perlu ada pemilihan proyek prioritas yang dibiayai oleh utang agar bisa memberikan percepatan dalam pembayaran utang.(bim/foto: viva.co.id)

 
Copyright © 2007 Indonesia Contractors Association. All Rights Reserved. Powered By SLG   | Privacy Policy |
...